Written by Uncategorized

Tips Mempercepat Loading Website WordPress Kamu

Apakah kamu ingin mempercepat situs WordPress? Page yang dimuat dengan cepat dapat meningkatkan experience pengguna loh, dan bisa juga untuk meningkatkan tampilan page kamu,  dan juga membantu untuk SEO WordPress kamu. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips pengoptimalan kecepatan WordPress yang paling berguna untuk meningkatkan kinerja WordPress dan mempercepat website kamu.

Kamu tahu nggak kalau 50% pengguna situs meninggalkan website jika gagal dimuat dalam tiga detik? Ya, bener banget loh. Bahkan penundaan waktu loading 100 milidetik dapat mematikan rasio konversi dan menyebabkannya turun hingga 7%.

Itulah mengapa kamu perlu memperhatikan optimalisasi kecepatan loading WordPress. Hal ini membantu memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa, yang mendorong engagement yang lebih baik dan konversi yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk meningkatkan kecepatan website WordPress dan meningkatkan kinerjanya. Gunakan tips berikut ini agar kamu dapat mempercepat loading website WordPress kamu:

1. Jalankan Diagnosis

Pertama, kamu perlu mengetahui kecepatan saat ini. Hal ini akan membantu kamu memahami apa yang perlu diubah dan berapa banyak yang perlu diubah untuk meningkatkan kecepatan website. Cara terbaik adalah dengan mengintegrasikan plugin untuk memastikan pemantauan kecepatan situs yang berkelanjutan.

Tools seperti GTmetrix dan Google PageSpeed Insights akan membantu kamu untuk mengoptimalkan kecepatan loading website. Cara menggunakannya pun sederhana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memberikan umpan di  website URL.

Kamu bisa menganalisis bagaimana kinerja website kamu dan menemukan penyebab yang membuatnya lambat. Langkah ini dapat membantu kamu untuk menemukan peluang untuk pengoptimalan dan mendapatkan rekomendasi khusus untuk mempercepatnya.

2. Singkirkan Tema & Plugin yang Tidak Diinginkan

Kamu akan terkejut dengan jumlah plugin yang tidak diinginkan ternyata dapat menurunkan kecepatan website secara keseluruhan. Pastikan kamu mengidentifikasi hal ini dan menghapusnya. Hal ini harus dilakukan sebelum mereka mulai memengaruhi experience website user atau kerentanan keamanan mereka membuat website tersebut terkena hacking.

Pertama, kamu harus menonaktifkan plugin yang tidak lagi kamu perlukan. Lalu lanjutkan ke daftar ‘plugin tidak aktif’. Hal tersebut akan memperlihatkan semua plugin yang tidak aktif. Pilih yang tidak kamu perlukan dan hapus.

3. Hapus Media yang Tidak Digunakan dari Media Library

a. Hapus Media yang Tidak Digunakan Secara Manual

Untuk melakukan tugas ini secara manual, ikuti langkah-langkah berikut:

Pergi ke Tambahkan Media

Sekarang klik pada Media Library

Lihat daftar gambar di ‘Unattached’

Sekarang kamu dapat memilih semua file yang tidak lagi kamu gunakan dan melanjutkan untuk menghapusnya

b. Hapus Media yang Tidak Digunakan Secara Otomatis

Plugin seperti Media Cleaner dapat membantu mengotomatiskan proses pembersihan dengan cara yang efektif.

4. Singkirkan Javascript dan CSS yang Memblokir Render

Notifikasi umum yang muncul dari hasil tools pengujian halaman untuk menghapus Javascript dan CSS yang memblokir perenderan. Untuk admin situs non-teknis, ini adalah tugas yang sulit untuk diselesaikan. Dapatkan tools untuk memeriksa page waterfall’s view.

Opsi seperti GTmetrix atau Pingdom adalah pilihan yang layak dalam konteks ini. Sangat mungkin jika kamu akan menemukan banyak file JavaScript (file .js) yang dimuat sebelum baris “start render” kamu. Inilah yang disebut “JavaScript yang memblokir perenderan”.

5. Optimalisasi Gambar

Gambar page kamu sangat membantu dalam meningkatkan page engagement dengan pengunjung situs kamu. Namun, ukurannya cenderung berat dan dapat memperlambat kecepatan pemuatan situs.

Saat kamu mengoptimalkan gambar, kamu membuat peta situs gambar. Kamu juga harus fokus pada ukuran gambar. Terakhir, kamu  perlu memperhatikan teks dan judul alt gambar. Ada beberapa opsi yang dapat membantu pengoptimalan gambar misalnya Kompresor atau TinyPNG. Kamu dapat menjelajahi plugin WordPress seperti WP Smush.

Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa mempercepat loading WordPress merupakan hal yang sangat penting dan menguntungkan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan memberikan gambaran jika kamu ingin mempercepat loading WordPress kamu ya!

(Visited 15 times, 1 visits today)
Last modified: Agustus 8, 2021
Close